Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
MATA UANG GARUDA CETAK PENGUATAN, SEIRING JATUHNYA INDEKS DOLAR AS

28 Februari 2023, 09.43 WIB


image

Anjloknya indeks dola AS pada Senin kemarin berhasil mendorong rupiah ke jalur penguatan hari ini Selasa (28/2/2023) yang mendekati level Rp15.200/US$. Namun penguatan rupiah ini masih terbatas, lantaran pasar menanti kepastian langkah The Fed apakah akan kembali agresif dalam menaikan suku bunga acuannya.

Saat pembukaan perdagangan, mata uang Garuda langsung menguat 0,29% ke posisi Rp15.220/US$.

Laju indeks dolar AS mengalami penurunan 0,5% pada perdagangan Senin kemarin, hal ini menunjukan bahwa pasar masih wait and see.

Beberapa pekan terakhir sempat muncul ekspektasi yang terus menguat terkait sikap The Fed yang akan kembali agresif menaikan suku bunganya. Di tambah setelah hasil rilis inflasi AS berdasarkan PCE.

Inflasi ini menjadi acuan The Fed untuk menentukan arah kebijakan moneternya ke depan.

Berdasarkan laporan, inflasi PCE tercatat naik menjadi 5,4% (year-on-year/yoy) dari sebelumnya 5,3%, dan untuk inflasi inti PCE tumbuh 4,7% dibanding sebelumnya di 4,6%.

Kenaikan angka inflasi dipicu oleh meningkatnya belanja konsumen pada bulan Januari ke level tertinggi dalam dua tahun terakhir.

Selain itu, indeks dolar AS jeblok awal pekan kemarin akibat tertekan euro yang mampu naik tinggi setelah perekonomian Zona Euro terlihat cukup kuat.

Maka dari itu, bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB) memiliki peluang untuk menaikan suku bunga acuannya dengan agresif, membuat nilai tukar euro menguat.

Dapatkan Kurs Terbaik Hanya Ada Di PT.SAVE Money Changer, Berlokasi Di Daerah Sunter Jakarta Utara