Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
LAJU MATA UANG TANAH AIR KINI MENGUAT

05 Oktober 2022, 09.54 WIB


image

Mengawali perdagangan hari ini Rabu (5/10/2022), pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berhasil menguat tajam. Indeks dolar AS yang terus merosot menjadi peluang bagi rupiah untuk bergerak menguat 2 hari berturut-turut, dan kembali mendekati level Rp15.100/US$.

Nilai tukar rupiah langsung bergerak naik sebesar 0,62% ke posisi Rp15.150/US$ saat pembukaan perdagangan di pasar spot.

Selasa kemarin, indeks dolar AS mencatat penurunan hingga 1,5% ke level 110,06. Dalam 5 hari perdagangan, penurunan yang dialami indeks dolar AS sebanyak 4 kali dengan total 3,5%.

Selain itu, lesunya indeks dolar AS mengikuti laju yield obligasi Treasury AS. Di mana banyak analis melihat jika penurunan keduanya tidak lain dari ekspektasi atau pandangan suku bunga The Fed atau bank sentral AS.

Adanya penurunan terhadap ekspektasi kenaikan suku bunga di seluruh pasar finansial yaitu setelah melihat bank sentral Australia (Reserve Bank of Australia/RBA) menaikan suku bunga 25 basis poin, ini lebih rendah dari ekspektasi sebesar 50 basis poin.

Ed Yardeni, veteran pemain pasar, juga memperkirakan bahwa The Fed hanya akan menaikan suku bunga satu kali lagi, yaitu pada bulan November mendatang. Setelah itu, The Fed akan menghentikan periode kenaikan suku bunga akibat laju dolar AS yang terlalu tinggi.

Penguatan dolar AS yang terlalu tinggi dikaitkan dengan krisis finansial global. Untuk itu kita harus memiliki pandangan global dalam hal in, sebab kebijakan moneter yang ketat di AS bisa berdampak luar biasa ke seluruh dunia, terutama di negara berkembang.

Kebijakan moneter yang dilakukan The Fed dinilai terlalu ketat sehingga bisa merusak stabilitas finansial, dan para pejabatnya dikatakan harus menyadari hal tersebut.

Dapat Kurs Terbaik Hanya Ada Di PT.SAVE Money Changer, Berlokasi Di Daerah Sunter Jakarta Utara