RUPIAH DIPREDIKSI MASIH AKAN KEMBALI MENGUAT

27 Juli 2018, 09.32 WIB


image

Masih adanya sentimen positif dari dalam negeri seiring dengan membaiknya mata uang euro terhadap dolar AS diyakini memberikan peluang bagi rupiah untuk dapat kembali melanjutkan penguatannya.

Meski demikian, berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah dan menghambat kenaikan rupiah tetap harus dicermati dan diwaspadai.

Pergerakan nilai tukar rupiah hari ini diperkirakan akan bergerak di sekitar posisi support Rp14.460/US$ dengan resisten di Rp14.450/US$.

Saat ini pergerakan rupiah terlihat masih berada di jalur positif seiring imbas dari kenaikan euro terhadap USD setelah adanya pertemuan antara Presiden Donald Trump dengan Presiden Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker yang membahas kesepakatan tarif dagang di antara kedua negara tersebut.

Selain itu, masih adanya sejumlah sentimen positif dari dalam negeri, terutama dari neraca pemerintah yang akan berupaya menggenjot ekspor untuk mengantisipasi perang dagang antara AS dengan China, dan pernyataan bahwa ekonomi Indonesia masih memiliki fundamental yang cukup kuat, serta penilaian BI terhadap inflasi yang akan bertahan di posisi 3%, cukup mendorong rupiah untuk bertahan di zona positif.