RUPIAH DIBUKA MELEMAH SAAT USD JAGA TREN POSITIF

20 Februari 2018, 10.38 WIB


image

Hari ini, nilai tukar rupiah diperdagangkan melemah terhadap dolar AS, setelah pada akhir sesi kemarin sedikit terbebani. Hal ini terjadi saat laju USD cenderung bergerak menguat di tengah adanya kekhawatiran defisit perdagangan hingga inflasi.

Berdasarkan dari kurs Jisdor BI, nilai tukar rupiah dibuka di posisi Rp13.573/US$, angka ini melemah jika dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.541/US$.

Sementara mengutip dari data Reuters, kurs dolar AS kembali melanjutkan penguatannya setelah menarik diri dari posisi terendahnya dalam tiga tahun terhadap beberapa mata uang utama lainnya. Meski demikian, dolar AS masih belum bergerak terlalu kuat, lantaran dibayangi oleh kekhawatiran akan kenaikan defisit fiskal di AS yang dapat menghambat ekonomi.

Indeks USD berada di posisi 89,215 dan diperdagangkan di sekitar 1% di atas posisi terendah dalam tiga tahun pada akhir pekan kemarin di posisi 88,251. Mata uang Negeri Paman Sam ini telah mengalami pelemahan dalam beberapa bulan terakhir, di tengah adanya dorongan positif dari kenaikan suku bunga acaun The Fed.

Dolar AS diperdagangkan menguat terhadap yen Jepang di posisi 106,75 atau naik 0,15%. Sedangkan terhadap euro, dolar AS sedikit tergelincir ke posisi 1,2406.