RUPIAH DIBUKA MENGUAT MELANJUTKAN TREN POSITIFNYA

11 Januari 2018, 10.26 WIB


image

Hari ini, nilai tukar rupiah kembali dibuka menguat melanjutkan tren pepenutupan perdagangan kemarin yang berada di zona positif. Kondisi ini terjadi saat dolar AS masih berada di bawah tekanan.

Berdasarkan dari kurs Jisdor BI, nilai tukar rupiah dibuka di posisi Rp13.427/US$, atau terlihat membaik jika dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.449/US$.

Dan mengutip dari data Reuters, Kamis (11/1/2018), pada perdagangan hari ini, dolar AS bergerak untuk mengurangi kerugian saat melawan yen Jepang, setelah mengalami penurunan harian terbesar hingga hampir delapan menyusul.

Penurunan mata uang negeri Paman Sam ini menyusul adanya laporan bahwa China siap untuk melakukan perlambatan atau menghentikan pembelian Treasuries AS.

Meski kembali menguat, namun pergerakan dolar AS masih berada di bawah tekanan dengan hanya bergerak naik 0,1% menjadi 111,54 terhadap yen Jepang.

Sementara terhadap enam mata uang lainnya, dolar AS bergerak naik meski hanya sedikit 0,1% ke 92,386, setelah sempat turun hingga ke posisi 91,922 pada perdagangan sebelumnya.