RUPIAH DIBUKA MASIH LESU, SAAT USD NAIK TIPIS

10 Januari 2018, 10.40 WIB


image

Hari ini, nilai tukar rupiah dibuka masih belum mampu untuk bergerak menguat terhadap dolar AS sejak perdagangan kemarin. Kondisi ini juga terjadi di tengah penguatan dolar AS.

Berdasarkan dari kurs Jisdor BI, rupiah dibuka di posisi Rp13449/US$, angka ini terlihat melemah jika dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.428/US$.

Seperti yang dilansir dari Reuters, Rabu (10/1/2018), pada awal perdagangan Asia hari ini, dolar AS sedikit menguat, didukung oleh hasil Treasury AS yang lebih tinggi. Meski bergerak menguat, namun dolar AS masih tertahan saat bergerak melawan yen Jepang setelah Bank of Japan memotong pembelian obligasi pemerintah Jepang untuk memicu kekhawatiran yang besar.

Indeks USD yang mengukur mata uangnya terhadap enam mata uang utama lainnya, sedikit mengalami kenaikan di posisi 92.539, angka ini masih tidak jauh dari posisi tertinggi semalam di 92.640.

Sedangkan euro terhadap dolar AS sedikit lebih rendah di posisi 1,1933, atau jauh di bawah posisi tertinggi hampir empat bulan di 1,2089.

Namun, terhadap yen Jepang, dolar AS justru sedikit melemah di posisi 112,62, berusaha untuk membuat kemajuan setelah turun 0,5% pada sesi sebelumnya saat Bank Sentral Jepang sedikit menurunkan jumlah pembelian obligasi pemerintah Jepang (JGB) dalam operasi pembelian biasa.