HARI INI HARGA MINYAK BRENT TURUN TIPIS

20 Desember 2016, 11.31 WIB


image

Hari ini, pergerakan harga minyak sedikit berubah atau Brent mengalami penurunan lantaran pasar menanti hasil produksi AS dari shale yang akan tumbuh cukup untuk mengimbangi penurunan produksi yang direncanakan oleh OPEC, Rusia dan produsen lainnya di tahun mendatang.

Berdasarkan dari Reuters, Selasa (20/12/2016), untuk pengiriman Februari, harga minyak Brent mengalami penurunan sebesar 29 sen atau 0,5% menjadi US$54,92/barel. Sedangkan untuk harga minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman bulan Januari justru meningkat sebesar 22 sen atau 0,4% menjadi US$52,12/barel.

Selain itu, tekanan USD terhadap permintaan minyak mentah dalam denominasi USD karena menyebabkan barel lebih mahal bagi pengguna mata uang lain.

Kemungkinan produksi minyak AS akan mengalami kenaikan sebagai perusahaan energi pekan lalu terus menambah rig minyak, memperpanjang pemulihan pengeboran dalam tujuh bulan.

Hal ini menyebabkan, produksi minyak AS bergerak naik, dari yang sebelumnya hampir di 8,7 juta barel/hari (bph) pada Juli menjadi di sekitar 8,8 juta barel/hari pada Desember.

Sementara, beberapa analis memperkirakan bahwa harga minyak kemungkinan masih akan tetap bertahan menguat hingga awal 2017. Spekulan meningkatkan kepemilikan mereka dari minyak Brent ke posisi pekan lalu. Dan pedagang mencatat penundaan kemungkinan dalam ekspor Libya menyediakan sejumlah dukungan untuk harga minyak di awal sesi.