HARI INI HARGA MINYAK DUNIA MEROKET HINGGA 5,8%

16 November 2016, 11.08 WIB


image

Hari ini, harga minyak mentah dunia tercatat mengalami kenaikan hingga 5,8% ke posisi US$45,81/barel, untuk mencetak keuntungan terbesar dalam tujuh bulan. Harga minyak bangkit dari posisi terendah sebelumnya saat OPEC masih diragukan akan mampu mewujudkan rencana penurunan produksi.

Berdasarkan Reuters, Rabu (16/11/2016), pada 30 November mendatang OPEC kemungkinan akan kembali mengelar pertemuan, untuk membahas masalah pembekuan produksi.

Para pelaku pasar kembali pada laporan terakhir seputar pasokan internasional, yang dikabarkan menyakini bahwa OPEC akan mengajak produsen minyak top dunia untuk bekerja sama dalam membatasi produksi. Harga minyak mentah Brent tercatat mengalami kenaikan sebesar US$2,50/barel atau 5,6% menjadi US$46,93/barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka AS juga naik US$2,49/barel atau 5,8% menjadi US$45,81/barel. Ini merupakan sinyal positif setelah pada awal pekan kemarin sempat anjlok ke posisi US$42,20/barel.

OPEC sendiri merupakan kelompok yang beragam, baik dari segi politik, ekonomi dan bahkan beberapa anggota diantaranya berharap dapat meningkatkan produksi minyaknya dengan berbagai alasa. Kondisi ini membuat OPEC diyakini masih akan sulit memperoleh tekanan untuk mengembalikan keseimbangan pasokan Internasional.