Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
JELANG AKHIR TAHUN, RUPIAH BERPOTENSI MENGUAT

26 Desember 2022, 09.58 WIB


image

Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat pada awal perdagangan pagi ini, Senin (26/12/2022). Menjelang libur pergantian tahun pekan ini, ada kemungkinan perdagangan akan sepi. Hal tersebut bisa menjadi pemicu volatilitas tinggi di pasar finansial, termasuk rupiah.

Mata uang Garuda sempat diperdagangkan stagnan, namun tidak lama kemudian langsung melemah sebesar 0,13% ke level Rp15.610/US$.

Rilis data inflasi AS menjadi faktor utama yang mendorong pasar finansial global. Pada Jumat pekan lalu, berdasarkan personal consumer expenditure (PCE) inflasi mengalami pertumbuhan 5,5% (year-on-year/yoy) pada November, angka tersebut lebih rendah dibanding sebelumnya di 6,1% (yoy).

Sedangkan untuk inflasi inti mencatat pertumbuhan 4,7% (yoy), ini lebih rendah dari sebelumnya 5%. Penurunan inflasi PCE sejalan dengan consumer price index (CPI) yang dapat menjadi sentimen positif. Namun, ketua bank sentral AS atau The Fed Jerome Powell sebelumnya menyebutkan masih memerlukan lebih banyak data untuk meyakinkan inflasi menurun.

Pernyataan Powell tersebut menunjukan jika kampanye The Fed untuk menurunkan inflasi masih belum selesai, meski suku bunga sudah berada di level tertinggi dalam 15 tahun terakhir, kenaikan suku bunga akan kembali dilakukan dan ditahan di posisi tertinggi dalam waktu yang lama.

Selain itu, laju mata uang Garuda disepanjang pekan lalu tercatat mengalami penguatan tipis 0,03%. Langkah BI untuk menahan devisa hasil ekspor (DHE) di dalam negeri yang lebih lama menjadi sentimen positif.

Gubernur BI, Perry Warjoyo menuturkan, sebagian besar DHE sudah masuk ke dalam negeri namun tidak bertahan lama. Maka dari itu, BI mengeluarkan instrumen baru untuk menahan DHE lebih lama.

Sementara pekan ini, pergerakan nilai tukar rupiah akan dipengaruhi oleh sentimen pelaku pasar.

Dapat Kurs Terbaik Hanya Ada Di PT.SAVE Money Changer, Berlokasi Di Daerah Sunter Jakarta Utara