Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
SAAT PEMBUKAAN PERDAGANGAN, RUPIAH BERHASIL MENGUAT

07 November 2022, 09.38 WIB


image

Membuka perdagangan pagi hari ini, mata uang Garuda berhasil menguat tinggi saat berhadapan dengan kurs dolar AS, Senin (7/11/2022). Anjloknya indeks dolar AS Jumat lalu, membuat rupiah menguat, serta penantian pasar terhadap rilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia hari ini.

Berdasarkan data Refinitiv, nilai tukar rupiah mencatat penguatan sebesar 0,54% saat pembukaan perdagangan ke posisi Rp15.650/US$ di pasar spot.

Jumat pekan lalu, indeks dolar AS jatuh hingga mencapai 1,8% ke level 110,88, hal ini terjadi setelah rilis data tenaga kerja AS menunjukan pelemahan.

Dari laporan Departemen Tenaga Kerja AS, tingkat pengangguran untuk bulan Oktober mencatat kenaikan dari bulan sebelumnya di 3,5% menjadi 3,7%

Meningkatnya angka pengangguran mendorong kembali harapan besar terhadap bank sentral AS atau The Fed untuk melonggarkan laju kenaikan suku bunganya.

Ekspektasi tersebut muncul setelah adanya pernyataan dari sejumlah pejabat The Fed agar kenaikan suku bunga dilonggarkan.

Saat pengumuman kebijakan moneter pekan lalu, The Fed juga memberikan sinyal jika kenaikan suku bunga tidak akan agresif lagi.

Untuk menentukan kenaikan suku bunga ke depannya, The Fed akan memperhitungkan seberapa besar kenaikan yang sudah dilakukan, serta dampak terhadap kegiatan ekonomi, inflasi, serta perkembangan kondisi perekonomian dan finansial.

Selain itu, melihat data tenaga kerja yang mulai menurun, kemungkinan akan membuat The Fed lebih serius dalam mempertimbangkan pelambatan laju kenaikan suku bunga.

Sementara dari dalam negeri, rilis data produk domestik bruto (PDB) akan diumumkan hari ini. Pemerintah memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tumbuh di 5,7% pada kuartal III, sedangkan BI menyakini jika PDB akan tumbuh 5,5% pada kuartal tersebut. Hasil polling dari Reuters bahkan lebih tinggi yaitu di 5,89%.

Dapat Kurs Terbaik Hanya Ada Di PT.SAVE Money Changer, Berlokasi Di Daerah Sunter Jakarta Utara