Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
PELEMAHAN DOLAR AS DORONG RUPIAH KE JALUR POSITIF

15 September 2022, 09.39 WIB


image

Membuka perdagangan pagi hari ini Kamis (15/9/2022), pergerakan nilai tukar rupiah berhasil menguat setelah kemarin ambruk dan mencatat pelemahan 3 hari berturut-turut. Terkoreksinya indeks dolar AS Rabu kemarin, membuat mata uang Garuda mampu menguat pagi ini.

Berdarkan data Refinitiv, nilai tukar rupiah bergerak menguat tipis 0,03% ke posisi Rp14.930/US$.

Indeks dolar AS mengalami penurunan setelah sehari sebelumnya sempat naik tinggi hingga mencapai 1,37% dan menghentikan penurunan dalam 4 hari beruntun. Indeks yang mengukur penguatan dolar AS bergerak di kisaran 109,64, angka ini turun tipis nyaris stagnan 0,01% pagi ini.

Selain itu, pelaku pasar juga akan mengamati data neraca perdagangan dari dalam negeri. Di mana pasar memprediksi surplus neraca perdagangan pada Agustus sebesar US$4,12 miliar. Surplus ini sedikit menurun jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, Juli 2022 yang mencapai US$4,23 miliar.

Dengan demikian, neraca perdagangan Indonesia akan mengalami surplus selama 28 bulan berturut-turut, yang dapat dijadikan sebagai sentimen positif di pasar finansial.

Konsensus juga menunjukan bahwa ekspor akan mengalami pertumbuhan 19,09% (year on year/yoy) sedangkan impor naik sebesar 27,9%.

Berdasarkan pernyataan dari Ekonom BNI Sekuritas Damhuri Nasution, ekspor akan mengalami perlambatan pada Agustus sejalan dengan lesunya aktivitas manufaktur di negara mitra dagang, mulai dari China, Jepang, hingga Amerika Serikat (AS).

Berbanding balik dengan ekspor, pertumbuhan impor justru diperkirakan akan terus menggeliat ke depan seiring dengan pemulihan ekonomi Indonesia.

Sementara pertumbuhan ekonomi kuartal II-2022 yang lebih tinggi dari ekspektasi menunjukan laju ekonomi domestik semakin membaik dari sisi produksi dan konsumsi.

Dapat Kurs Terbaik Hanya Ada Di PT.SAVE Money Changer, Berlokasi Di Daerah Sunter Jakarta Utara