Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
BURSA AS BERGERAK MENGUAT, DISOKONG SAHAM MEGACAP

16 Agustus 2022, 10.23 WIB


image

Wall Street kembali menunjukan penguatannya pada penutupan perdagangan hari Senin (15/8/2022), didorong saham pertumbuhan megacap yang memperpanjang reli pasar baru-baru ini. Ketiga indeks utama bursa saham Wall Street di AS melonjak di tengah optimisme investor terkait sikap The Fed yang dapat mencapai soft landing bagi perekonomian.

Harga saham Apple Inc mencatat kenaikan 0,6%, sedangkan untuk indeks Microsoft Corp meningkat 0,5% dan saham Tesla Inc bertambah 3,1%. Saham-saham ini memberikan dorongan terbesar terhadap S&P 500 dan Nasdaq lantaran imbal hasil Treasuty AS menurun.

Pergerakan indeks Dow Jones Industrial Average mengalami kenaikan sebesar 151,39 poin setara 0,45% ke posisi 33.912,44. Indeks S&P 500 meningkat 16,99 poin atau 0,40% menjadi 4.297,14. Dan untuk indeks Nasdaq Composite melonjak hingga 80,87 poin atau 0,62% ke 13.128,05.

Selain itu, kenaikan yang kuat juga terjadi pada sektor kebutuhan pokok konsumen dan utilitas. Di mana sektor S&P 500 mengalami rebound tajam sejak pertengahan Juni, didorong oleh tanda-tanda bahwa inflasi kemungkinan telah mencapai puncaknya pada bulan Juli. Indeks acuan ini tetap mengalami penurunan sekitar 10% sejak 31 Desember.

Sejak Maret bank sentral AS atau The Fed telah menaikan suku bunga acuannya secara agresif sebagai upaya untuk melawan inflasi. Sejumlah investor mulai khawatir jika kenaikan suku bunga yang agresif oleh The Fed dapat mendorong perekonomian masuk ke dalam jurang resesi.

Tingginya suku bunga dapat menekan harga saham, terutama saham teknologi dan saham pertumbuhan lainnya. Indeks nilai S&P 500 mengungguli indeks pertumbuhan S&P 500 hari ini. Indeks energi S&P 500 menurun 2%.

Sementara pekan ini, emiten peritel besar akan merilis kinerja keuangan dan akan melengkapi periode pelaporan kuartal kedua. Hasil dari Walmart Inc dan Home Depot Inc akan dirilis sebelum bel pada hari Selasa. Target Corp juga akan memberikan laporan hasil kuartalan minggu ini.

Prediksi pertumbuhan pendapatan untuk kuartal kedua perusahaan S&P 500 telah meningkat sejak Juli. Berita dari perusahaan AS sebagian besar justru mengejutkan investor, yang telah bersiap untuk prospek yang lebih suram pada bisnis dan ekonomi.

Bank sentral China melakukan pemangkasan suku bunga pinjaman utama sebagai langkah yang mengejutkan untuk menghidupkan kembali permintaan setelah ekonomi secara tidak terduga mengalami perlambatan pada Juli. Saham raksasa e-commerce China Alibaba Grup Holding Ltd yang terdaftar di AS jatuh 0,6%.