Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
CARA MEMERIKSA LEMBAR UANG EURO ASLI

07 April 2021, 11.53 WIB


image

Pamalsuan uang memang kerap terjadi di sejumlah daerah. Namun sebagian besar uang Euro palsu dapat dideteksi jika anda tau cara memeriksa fitur keamanan tingkat lanjut yang terdapat pada tiap lembar Euro. Berikut dibawah ini, dapat dijadikan sebagai petunjuk.

Pertama, paling penting itu mengenal corak dan warna cetak dalam setiap pecahan. Euro memiliki corak yang istimewa berupa gambar arsitektur dari beberapa periode berbeda dalam sejarah Eropa. Pada pecahan 100 Euro, menampilkan arsitektur barok/rococo dan didominasi dengan warna hijau.

Kedua, ukurlah lembaran uang Euro. Pacahan 100 Euro memiliki ukuran 147 x 82 mm.

Ketiga, rasakan kertas khusus pada uang. Uang kertas Euro terbuat dari 100% serat kapas, yang meningkatkan daya tahan dan membuatnya terasa berbeda. Uang kertas Euro asli akan terasa kuat dan keras, serta cetakannya terasa timbul pada bagian dengan tinta yang lebih tebal. Sedangkan Euro palsu akan terasa lemas dan seperti lilin saat disentuh, serta cetakannya tidak timbul.

Keempat, perhatikan seri Europa. Bank Sentral Eropa meluncurkan sejumlah seri uang kertas Euro terbaru secara bertahap dalam beberapa tahun terakhir ini. Seri terbaru ini dikenal sebagai seri Europa lantaran sebagian peningkatan utama fitur pengaman pada uang melibatkan rekaan rigur Euro dari mitologi Yunani. Lembaga Euro ini memiliki tanda air berupa gambar Europa atau tokoh wanita, yang akan terlihat jika uang diarahkan ke cahaya.

Kelima, rabahlah hologram pada uang Euro. Seluruh uang Euro memiliki fitur gambar hologram. Tergantung pada denominasinya, gambar hologram akan muncul pada garis vertikal atau bentuk bujur sangkar di sisi kanan bagian depan uang. Perubahan gambar akan nampak jelas jika posisi uang dimiringkan hingga sejajar dengan mata. Sementara uang Euro palsu tidak memiliki hologram seperti pada uang asli.

Keenam, periksa banang pengaman pada uang. Seluruh denominasi Euro memiliki benang pengaman yang muncul sebagai garis vertikal di bagian kiri dengan sisi muka uang. Benang pengaman tidak dicetak di atas uang, namun ditanamkan di dalamnya. Benang pengaman pada uang Euro asli selalu terlihat seperti garis yang amat gelap ketika diarahkan ke cahaya.

Ketujuh, perhatikan cetakan mikro pada uang. Cetakan mikro pada uang tidak terbaca oleh mata telanjang, namun akan tampak jelas jika menggunakan alat pembesar. Cetakan mikro akan tampak sebagai kata (EURO) atau stiker bintang.

Kemudian yang terakhir, gunakan ultraviolet atau inframerah. Uang Euro asli tidak akan memancarkan cahaya di bawah sinar UV. Namun serat yang tertanam dalam uang akan memancarkan warna dibagian tertentu yang bervariasi pada setiap denominasinya. Uang cetakan terbaru akan memancarkan tiga warna di bawah sinar UV.