Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
CARA MENDETEKSI UANG USD ASLI

03 Maret 2021, 12.05 WIB


image

Maraknya peredaran uang kertas dolar USD palsu membuat banyak orang khawatir, lantaran belum bisa membedakan ciri-ciri uang kertas dolar USD asli dan palsu.

Berikut ini dapat dijadikan sebagai petunjuk bagi anda yang ingin mengetahui keaslian uang kertas dolar USD yang dimiliki oleh anda.

Pertama, rasakan tekstur uang kertas Anda, dolar USD asli dibuat dari serat linen dan kapas sehingga akan terasa lebih kesat jika disentuh. perhatikan ketebelan uang kertas yang anda miliki. Sebab, uang dolar USD asli lebih tipis dan kaku jika dibandingkan dengan uang palsu yang akan tampak lebih tebal.

Kedua, periksa kualitas cetakan uang yang anda miliki. Biasanya uang palsu akan cenderung datar, dan tidak banyak memiliki detail gambar. Uang dolar USD asli dicetak dengan menggunakan teknik-teknik yang tidak bisa ditiru dengan teknik cetak atau cetak digital. Selain itu, cari serat berwarna dalam uang Anda. Karena uang dolar palsu hanya dibuat dengan cara mencetak atau menggambar serat-serat berwarna di atas uang kertas.

Ketiga, cetakan potret uang kertas dolar akan terlihat kusam, buram dan datar. Sedangkan pada uang asli, cetakan bagian potret tampak tajam dan memiliki detail yang sangat halus.

Keempat, periksa nomor seri pada uang kertas anda. Di kedua sisi, uang kertas memiliki dua buah nomor seri. Maka, perhartikan dengan saksama dan pastikan kedua nomor seri yang tertera pada uang Anda sama. Namun, jika warna segel uang (Treasury seal) berbeda, kemungkinan uang tersebut adalah palsu.

Kelima, arahkan uang kertas dolar anda ke sumber cahaya, disitu akan terlihat benang pengaman yang melintang dari atas ke bawah. Benang tersebut ditanam pada kertas, bukan di cetak. Anda juga bisa gunakan cahaya ultraviolet untuk melihat benang pangaman.

Benang pengaman pada uang-uang pecahan besar akan tampak menyala dalam warna tertentu. Pada pecahan 100 dolar USD akan terlihat merah muda, sedangkan uang pecahan 50 dolar USD akan menyala kuning.

Kemudian, periksalah tanda air (watermark) pada uang anda. Gunakan cahaya alami seperti sinar matahari untuk menerawang apakah ada gambar orang yang sama dengan yang ada pada potret.