Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
RUPIAH MENGUAT SAAT MELAWAN DOLAR SINGAPURA

02 Maret 2021, 14.28 WIB


image

Meski terpantau mengalami pelemahan terhadap dolar AS, namun nilai tukar rupiah berhasil menguat terhadap dolar Singapura. Sentimen positif rupiah datang dari pelaku pasar yang membaik, di mana pergerakan bursa saham global mencatat penguatan.

Berdasarkan dari data Refinitiv, dolar Singapura berada di posisi Rp10.699/SG$. Angka tersebut membuat rupiah menguat 0,3% di pasar spot, setelah sempat melemah selama 2 hari berturut-turut lebih dari 1%.

Sejak awal pekan kemarin, sentimen pelaku pasar tengah membaik, bursa saham Asia, Eropa, hingga Amerika Serikat (AS) berhasil menguat tajam. Sebab, yield obligasi (Treasury) AS mulai menurun.

Yield Treasuty tenor 10 tahun lalu mengalami penurunan 2,7 basis poin ke posisi 1,4290%. Sedangkan pada Jumat lalu, juga turun 5,9 basis poin. Pagi ini, yield obligasi juga kembali mengalami penurunan sebesar 1,5 basis poin.

Sebelumnya, yield Treasury AS sempat mengalami kenaikan ke posisi tertinggi sejak Februari 2020, dan bank sentral AS menurunkan suku bunga acuannya menjadi 0,25%.

Sementara investor maupun para ekonomi memprediksi, The Fed kemungkinan akan merubah kebijakannya di bulan ini untuk meredah gejolak di pasar obligasi. Ketua The Fed, Jerome Powel, pada rapat kebijakan moneter 16 sampai 17 Maret waktu setempat diperkirakan akan kembali mengaktifkan operation Twist yang pernah dilakukan 10 tahun lalu, saat terjadi krisis utang di Eropa.

Operation Twist dilakukan dengan cara menjual obligasi AS jangka pendek dan membeli jangka panjang, sehingga yield obligasi jangka pendek akan mengalami kenaikan dan jangka panjang akan menurun, maka dapat mempengaruhi kurva yield menjadi landai.

Mark Cabana, ahli strategi suku bunga di Bank of America Global Research menyatakan, Operatiaon Twist ini merupakan kebijakan yang komplet untuk meredam gejolak di pasar obligasi.