Untuk Mendapatkan Harga Terbaik, Segera Hubungi Kami di (021) 2961 5678                                                                                    
BURSA SAHAM WALL STREET MENGUAT

02 Maret 2021, 11.32 WIB


image

Bursa saham Wall Street di AS ditutup menguat pada perdagangan Senin kemarin. Kenaikan ini terjadi setelah lonjakan tinggi imbal hasil obligasi AS terhenti baru-baru ini.

Dari data CNN, Selasa (2/3/2021), indeks saham utama dibuka menguat tajam dengan melanjutkan reli saat sesi perdagangan berlanjut.

Indeks Dow Jones ditutup naik 2%. Indeks S&P 500 meningkat 2,4%, atau rekor tertingginya sejak Juni 2020. Dan indeks Nasdaq Composite naik hingga 3%, capaian terbaik sejak November 2020.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS yang mengalami kenaikan tinggi baru-baru ini telah memberikan tekanan terhadap pasar saham. Di mana para investor khawatir inflasi dapat melonjak tinggi jika ekonomi dibuka kembali sepenuhnya. Hal itu akan membuat The Fed menaikan suku bunganya lebih cepat dari yang diharapkan dan mendorong imbal hasil obligasi lebih tinggi.

Saat suku bunga lebih tinggi, maka akan membuat perusahaan lebih maham untuk meminjam, dan akan memberikan dampak buruk bagi pasar saham.

Obligasi Treasury AS 10 tahunan memiliki imbal hasil sebesar 1,45%, atau sedikit menurun jika dibandingkan dengan capaian di hari Jumat pekan lalu. Hasil dan harga obligasi bergerak lawan arah.

Sementara imbal hasil terus mengalami peningkatan selama dua bulan terakhir lantaran prospek lonjakan ekonomi.

Ekonomi yang berkembang pesat merupakan hal yang baik. Namun, untuk mempertimbangkan efek pandemi yang tengah merusak perekonomian, The Fed tidak akan menghambat pemulihan dengan menaikan suku bunga terlalu cepat.