DOLAR AS SEMAKIN MENGUAT, DEKATI LEVEL Rp15.000

05 September 2018, 10.15 WIB


image

Pergerakan kurs dolar AS hari ini diperdagangkan semakin menguat terhadap nilai tukar rupiah. Mata uang Negeri Paman Sam ini mulai mendekati level Rp15.000.

Mengutip dari data Reuters, Rabu (4/9/2018), kurs dolar AS dibuka di posisi Rp14.925. Pergerakan dolar AS juga sempat mendekati posisi di Rp15.000 dan menembus ke posisi tertingginya di Rp14.989.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menuturkan bahwa nilai tukar rupiah ini tidak sesuai dengan fundamental ekonomi nasional.

Jika dihutung secara fundamentalnya seharusnya tidak selemah ini. Ada kemungkinan hal ini banyak dipenaruhi oleh sentimen negatif, baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri.

Selain itu, beliau juga mengungkapkan bahwa otoritas moneter juga selalu berada di pasar saat adanya pergerakan nilai tukar. Namun hal tersebut masih belum cukup setelah adanya tekanan yang berasal dari krisis ekonomi Turki dan Argentina.

BI juga meminta kepada seluruh importir agar tidak terburu-buru membeli dolar, jika memang butuh dapat menggunakan swap yang disediakan oleh Bank Indonesia (BI).