TETAP WASPADA AKAN PELEMAHAN LANJUTAN RUPIAH

17 April 2018, 09.18 WIB


image

Nilai tukar rupiah terlihat masih belum mampu untuk berbalik arah ke zona hijau, meski terdapat sejumlah sentimen positif seperti neraca perdagangan Indonesia yang surplus dengan nilai US$1,09 miliar, penurunan defisit anggaran APBN, serta proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I.

Hal tersebut di tengah pergerakan dolar AS yang kembali melemah oleh sentimen internal-nya. Berbagai sentimen yang dapat menghambat penguatan rupiah dan membuat rupiah kembali melemah tetap harus dicermati dan diwaspadai.

Pergerakan nilai tukar rupiah hari ini diperkirakan juga akan bergerak di sekitar posisi support Rp13.783/US$ dengan resisten di Rp13.763/US$.

Selain itu, pelemahan dolar AS ini terjadi seiring dengan adanya harapan dari pelaku pasar terhadap tidak akan berkembangnya ancaman perang global setelah serangan AS dan sekutunya ke Suriah.

Bahkan, rilis kenaikan store sales AS juga masih belum mampu untuk mengangkat laju dolar AS. Sementara pelemahan nilai tukar rupiah ini terjadi seiring dengan pelemahan dolar AS.