RUPIAH TERLIHAT MASIH SULIT MENGUAT

31 Januari 2018, 09.25 WIB


image

Nilai tukar rupiah diperkirakan masih akan bergerak melemah melanjutkan tren negatifnya, lantaran permintaan dolar AS kembali meningkat seiring dengan kekhawatiran mengenai potensi kenaikan suku bunga The Fed atau Bank Sentral AS.

Hal tersebut juga membuat pelaku pasar kembali melepas rupiah sehingga pelemahan kembali berlanjut. Sejumlah sentimen positif dari dalam negeri juga masih belum cukup kuat untuk menahan pelemahan rupiah.

Sementara pergerakan rupiah hari ini, kemungkinan masih akan mengalami pelemahan dengan pergerakan di sekitar posisi support Rp13.450/US$ dengan resisten di Rp13.357/US$.

Meski iklim berbisnis di Indonesia dalam kurun waktu 2 tahun terakhir telah mengalami peningkatan yang sangat baik, namun masih belum cukup kuat untuk mengangkat pergerakan rupiah yang kembali melemah.

Pergerakan dolar AS yang sempat melemah berbalik menguat pada penutupan perdagangan dengan cenderung meningkat dari posisi sebelumnya sebagai antisipasi pertemuan The Fed yang berimbas negatif pada pergerakan disejumlah mata uang Asia, termasuk rupiah.