LAJU RUPIAH DIPERKIRAKAN SEMAKIN MENGUAT

12 Januari 2018, 09.17 WIB


image

Nilai tukar rupiah yang mampu berbalik arah ke jalur positif diharapkan dapat kembali menguat seiring dengan imbas dari kenaikan mata uang Asia dan Euro. Meski demikian, sentimen positif dari dalam negeri masih cenderung minim.

Sementara pada perdagangan hari ini, pergerakan nilai tukar rupiah diperkirakan akan berada di sekitar posisi support Rp13.408/US$ dengan resisten di Rp13.386/US$. Sedangkan pada penutupan perdagangan kemarin, rupiah mampu berbalik menguat.

Rupiah saat ini masih terus mencoba untuk mendekati posisi target resisten di Rp13.384/US$, dimana bertahan di atas posisi Rp13.400/US$.

Selain itu, pergerakan rupiah juga mampu memanfaatkan sentimen masih berlanjutkan pelemahan dolar AS seiring dengan adanya imbas dari laporan rencana China yang akan melakukan pembatasan pembelian obligasi AS.

Sentimen dari pengurangan pengetatan kebijakan ekonomi AS juga membuat pelaku pasar mempertimbangkan untuk keluar sementara dari USD.

Pada perdagangan kemarin, Kamis (11/1/2018), nilai tukar rupiah ditutup menguat terhadap dolar AS, dan menjauhi level Rp13,400/US$.