DOW JONES CETAK REKOR DI TENGAH HARAPAN PEMANGKASAN PAJAK

05 Desember 2017, 09.46 WIB


image

Pada perdagangan kemarin, pergerakan Indeks Dow Jones ditutup cetak rekor tertinggi di tengah variatifnya pergerakan saham perbankan dan ritel. Sedangkan saham perusahaan teknologi berguguran saat investor berharap mendapat keuntungan dari wacana pemangkasan pajak.

Setelah adanya kesepakatan dari Senat dan dewan parlemen AS yang menyatukan versi mereka dalam penyusunan Undang-undang, pemangkasan pajak ada di sekitar 20% dari 35%. Hal ini memungkinkan akan peningkatan dividen dan dapat memperpanjang ritel.

Para investor menggunakan dana mereka untuk membeli saham perbankan dan department store dan saham lain melihat manfaat pajak yang lebih rendah dengan menjual saham teknologi. Akhir-akhir ini saham teknologi telah menjadi lebih mahal setelah sepanjang tahun memimpin keuntungan pasar.

Selain itu, saham keuangan yang mengalami peningkatan seiring dengan besarnya harapan bahwa bank sentral AS atau The Fed akan menaikan tingkat suku bunga acuan di bulan Desember, yang membuat pinjaman bank lebih menguntungkan.

Pergerakan Indeks Dow Jones tercatat mengalami kenaikan sebesar 0,24% ke posisi 24.290,05. Indeks S&P 500 justru menurun sebesar 0,11% menjadi 2.639,44. Dan untuk Indeks kompoosit Nasdaq turun 72,22 poin ke 6.775,37.

Sementara pergerakan Indeks S&P 500 sepanjang tahun 2017 ini telah mengalami kenaikan sebesar 18% saat pendapatan perusahaan menunjukan penguatan serta pertumbuhan ekonomi yang solid.