RUPIAH DIBUKA AMBRUK KE ZONA MERAH

28 September 2017, 10.35 WIB


image

Pada sesi pembukaan pagi ini, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS semakin anjlok ke zona merah. Dolar AS bergerak menguat hingga mendekati posisi tertingginya dalam satu bulan.

Berdasarkan dari kurs referensi Jisdor BI, pergerakan nilai tukar rupiah dibuka di posisi Rp13.464/US$. Angka tersebut terlihat melemah jika dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.384/US$.

Sementara, mengutip dari data perdagangan Reuters, Kamis (28/9/2017), USD diperdagangkan menguat hingga mendekati posisi tertingginya dalam satu bulan terhadap enam mata uang dunia. Kenaikan dolar AS ini mendapat dukungan dari harapan Presiden Donald Trump yang akan mewujudkan reformasi fiskal.

Indeks USD tercatat bergerak melawan enam mata uang utama di posisi 93.414, angka ini mendekati posisi indeks dolar yang bergerak di 93.607 pada Rabu kemarin, atau posisi tertinggi sejak 23 Agustus dan memperoleh sekitar 1,3% selama pekan ini.

Kemarin, Presiden AS Donald Trump juga mengajukan perubahan pajak AS terbesar dalam tiga dekade, memberikan penawaran untuk penurunan pajak untuk sebagian besar orang Amerika. Namun hal ini menimbulkan kritikan bahwa rencana tersebut hanya akan dinikmati oleh orang kaya dan perusahaan hingga dapat meningkatkan triliunan dolar ke defisit.