KONDISI EKONOMI RI MASIH TERLIHAT MEMBAIK DI KUARTAL KE-III

20 September 2017, 09.57 WIB


image

DI tengah kondisi dunia yang masih belum adanya kepastian, pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III-2017 menunjukan kondisi yang membaik. Hal ini terlihat dari stabilnya kondisi makro ekonomi serta partisipasi perbankan yang cukup tinggi, meski saat ini pertumbuhan kredit perbankan terlihat relatif turun.

Sementara pertumbuhan kredit perbankan yang masih relatif menurun terjadi lantaran masih adanya konsolidasi dari perbankan dalam negeri serta kondisi perusahaan atau korporasi, selain itu, rumah tangga juga maish perlu adanya penyesuaian terhadap kondisi keuangannya.

Meski demikian, Bank Indonesia (BI) beserta otoritas terkait yang akan melakukan percepatan proses konsolidasi perbankan serta mendorong penyaluran kredit dan pembiayaan korporasi melalui pasar keuangan.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan, ke depan pertumbuhan ekonomi yang membaik akan didorong oleh kenaikan investasi dan konsumsi seiring dengan berlanjutnya dampak belanja Pemerintah yang lebih cenderung meluas dan pemanfaatan ruang pelonggaran kebijakan.

Sedangkan secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2017 ini diperkirakan masih akan berada di sekitar 5,0% hingga 5,4% dan akan meningkat menjadi 5,1% sampai 5,5% di tahun mendatang.

Sementara target pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dipatok oleh pemerintah berada di 5,4% di tahun 2018, seperti yang tercatat dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2018.