WASPADAI BERBAGAI SENTIMEN YANG DAPAT MENGHAMBAT LAJU RUPIAH

06 September 2017, 09.17 WIB


image

Nilai tukar rupiah kembali bergerak menguat terhadap dolar AS didorong oleh sentimen positif dari global maupun internal.

Sentimen ini diharapkan masih akan tetap terjaga untuk membatu rupiah bertahan dalam tren positifnya. Berbagai sentimen yang dapat menyebabkan rupiah kembali variatif juga perlu diwaspadai.

Pergerakan rupiah hari ini diperkirakan akan berada di sekitar posisi support Rp13.348/US$ dengan resisten di Rp13.330/US$.

Kekuatan EUR dan Swissfranc yang mulai berkurang membuat permintaan akan sejumlah mata uang non safe haven mengalami kenaikan, termasuk rupiah. Para pelaku pasar juga kembali menahan diri sembari mencermati perkembangan imbas uji coba rudal balistik Korut terhadap kondisi pasar keuangan, terutama terhadap beberapa mata uang.

Selain itu, pelaku pasar juga khawatir atas penguatan EUR seiring langka ECB yang akan mengeluarkan program stimulus moneternya.

Sementara penguatan rupiah juga didorong oleh adanya berita penyelenggaraan International Conference dan Call for Paper (ICCAP) 2017 yang dinilai mampu memperkuat jaringan antara pemerintah, akademisi, dan pelaku bisnis khususnya di sektor perdagangan.