KETIDAKPASTIAN SUKU BUNGA AS, DORONG KENAIKAN RUPIAH

29 Agustus 2017, 12.07 WIB


image

Nilai tukar rupiah hari ini diperdagangkan menguat terhadap dolar AS sebesar 16 poin menjadi Rp13.324/US$, angka ini terlihat lebih baik dibandingkan dengan posisi perdagangan sebelumnya di Rp13.340/US$.

Akibat belum adanya arah mengenai pendangan moneter dari The Fed, yang direspon negatif oleh pasar, membuat dolar AS mengalami pelemahan terhadap mayoritas mata uang dunia, termasuk rupiah.

Kondisi tersebut menimbulkan aset-aset di negara berkembang, termasuk Indonesia kembali diminati oleh pelaku pasar, sehingga membuat mata uang rupiah mengalami penguatan terhadap dolar AS.

Selain itu, kembali positifnya harga minyak mentah dunia juga ikut menjadi faktor positif bagi pergerakan mata uang berbasis komoditas.

Sementara sentimen dari dalam negeri juga masih cukup kondusif. Optimistis pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi nasional ke depan juga ikut mendorong aset-aset berdenominasi rupiah masih diminati pelaku pasar.

Obligasi di dalam negeri mengalami aksi beli, situasi ini menjaga fluktuasi nilai tukar rupiah stabil dengan kecenderungan menguat.