HARGA MINYAK DUNIA BERGERAK NAIK

21 April 2017, 11.26 WIB


image

Hari ini, pergerakan harga minyakdunia mengalami kenaikan tipis di tengah adanya catatan hati-hati mengenai keraguan bahwa OPEC yang memimpin penurunan produksi memiliki pengaruh yang kuat untuk mengembalikan keseimbangan terhadap pasar yang telah mengalami kelebihan pasokan selama lebih dari dua tahun.

Berdasarkan dari Reuters, Jumat (21/4/2017), harga minyak mentah Brent diperdagangkan naik sebesar 8 sen ke posisi US$53,07/barel. Sedangkan harga minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) berada di posisi US$50,79/barel atau naik 8 sen.

Harga mulai stabil setelah penurunan sebesar 3,5% pada kedua tolok ukur awal pekan ini lantaran munculnya keraguan akibat upaya yang dipimpin oleh OPEC untuk mengurangi produksi hampir 1,8 juta barel/hari selama semester pertama tahun ini.

Sejak pertengahan tahun 2016, produksi AS mengalami kenaikan hampir 10% hingga 9,25 juta bpd. Ini mendorong produksinya mendekati produsen terbesar dunia, Arab Saudi dan Rusia.

Sementara persediaan bahan bakar di sekitar pusat perdagangan minyak Asia di Singapura juga telah mengalami penurunan, meski masih belum jelas apakah ini untuk memenuhi permintaan yang kuat atau untuk menciptakan ruang penyimpanan untuk mengantisipasi lebih banyak pasokan.