HARGA MINYAK KEMBALI MELEMAH

08 Maret 2017, 12.28 WIB


image

Hari ini, Rabu (8/3/2017), pergerakan harga minyak kembali mengalami pelemahan di perdagangan Asia, kondisi ini terjadi setelah data industri menunjukan bahwa persediaan minyak mentah AS meningkat.

Hal tersebut juga membuat OPEC beserta anggota non-OPEC lainnya seperti Rusia kembali melakukan perundingan untuk membasah masalah pemotongan produksi lebih lanjut untuk memperbaiki harga minyak.

Harga minyak berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) hari ini di perdagangkan di posisi US$52,82/barel, angka ini mengalami penurunan sebesar 32 sen atau 0,6%. Sedangkan harga minyak Brent hari ini juga ikut menurun sebesar 29 sen atau 0,5% menjadi US$55,63/barel.

Pada pekan sebelumnya, stok minyak mentah AS mengalami kenaikan di sekitar 11,6 juta barel. Ini merupakan peningkatan selama kesembilan minggu berturut-turut.

Sementara, pada saat yang sama, anggota OPEC, Rusia dan Meksiko melakukan pertemuan pada Selasa kemarin, untuk mengurangi produksi minyak lebih dari 1,5 juta barel/hari, hal ini demi memenuhi harapan mereka untuk meningkatkan harga minyak.