HARGA MINYAK WTI ANJLOK

09 November 2016, 08.13 WIB


image

Pada perdagangan pagi ini, Rabu (9/11/2016), pergerakan harga minyak AS, West Texas Intermediate (WTI) mengalami penurunan akibat terpengaruh laporan persediaan minyak mentah yang meningkat, serta pasar juga masih terus memantau jejak pendapat capres AS.

Berdasarkan dari Reuters, Rabu (9/11/2016), pada perdagangan hari ini, harga minyak AS mengalami penurunan sebesar 17 sen dari posisi sebelumnya menjadi US$44,81/barel.

Rendahnya volume dikarenakan pasar saat ini sedang mengamati hasil jejak pendapat pemilu AS. Di New York pada sesi awal Asia pergerakan harga minyak mentah sedikit melambat, di mana angka persediaan minyak mentah menunjukan peningkatan 4,4 juta barel berbeda dari yang diharapkan 2,2 juta.

Selain itu, para analis juga masih merenung atas data minyak campuran yang keluar dari China kemarin, yang menunjukan penurunan impor minyak mentah dan naiknya ekspor produk olahan seperti solar atau bensin.

Impor bersih minyak mentah pada Oktober anjlok sebesar 6,8 juta barel dalam setiap harinya (bph), turun dari posisi sebelumnya yang berada di 8,1 juta barel/bulan. Meski ini merupakan penurunan besar, dengan tingkat impor terendah bulanan sejak Januari 2016, namun masih mengalami peningkatan 8% dari tahun ke tahun.