HARGA MINYAK DUNIA MENINGKAT SETELAH SEMPAT TURUN TAJAM

07 November 2016, 11.00 WIB


image

Pada perdagangan hari ini, harga minyak mentah dunia tercatat mengalami kenaikan, hal ini terjadi setelah sempat menurun tajam dalam sepekan terakhir. Menurut para pelaku pasar, fundamental pasar minyak internasional memang masih belum membuat keseimbangan harga terjadi, meski saat ini mulai membaik.

Berdasarkan dari Reuters, Senin (7/11/2016), harga minyak mentah berjangka Brent hari ini mengalami kenaikan sebesar 34 sen ke posisi US$45,92/barel, nyaris mendekati 0,75% lebih tinggi dari posisi sebelumnya. Sedangkan untuk harga minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI), berada di posisi US$44,47/barel menguat 0,40 sen atau 0,91%.

Harga minyak yang mengalami kenaikan didorong oleh potensi meningkatnya permintaan setelah mengalami penurunan sejak Januari dan posisi terendahnya pada Agustus. Namun jika dilihat secara keseluruhan harga minyak dunia masih belum menguat. Selain itu, rencana Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen minyak dunia non-OPEC seperti Rusia dalam melakukan pembekuan produksi juga masih akan menemui rintangan.

Kondisi tersebut meningkatkan risiko semakin membanjirnya pasokan minyak global, pada saat OPEC dan pemimpin Arab Saudi masih belum menyetujui. Bahkan meski permintaan dalam negeri Arab Saudi menurun, namun ekspor yang meningkat masih dapat dipertahankan.