HARI INI HARGA MINYAK MENGALAMI KENAIKAN

01 November 2016, 11.05 WIB


image

Pada perdagangan di Asia, Selasa (1/11/2016), harga minyak mentah mengalami kenaikan lebih tinggi dari posisi terendah sebulan terakhir. Hal ini terjadi setelah OPEC menyetujui konsensus mengenai pengelolaan produksi sebagai bagian dari strategi jangka panjang.

Konsensus tersebut membuat harga minyak mengambil keuntungan. Hari ini, harga minyak berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) dibuka di posisi US$46,95/barel, angka ini naik 9 sen dari posisi sebelumnya yang berada di US$46,86/barel.

Sedangkan untuk harga minyak London Brent juga meningkat sebesar 24 sen menjadi US$48,85/barel.

Pada hari Senin kemarin, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) menyetujui dan menandatangani dokumen, untuk strategi jangka penjang dalam mengontrol harga minyak.

Namun, pasar dan sejumlah kalangan tidak yakin akan konsensus atau kesepakatan bersama OPEC terhadap kemampuan mereka untuk mengontrol harga minyak.

Sementara pada Oktober lalu, produksi minyak OPEC mencetak rekor tertinggi, dengan kenaikan menjadi 33.820.000 barel dalam setiap harinya, setelah Libya dan Nigeria meningkatkan produksi, sedangkan Irak meningkatkan produksinya untuk penjualan keluar negeri.