HARI INI HARGA MINYAK DUNIA MEMBAIK

26 September 2016, 11.16 WIB


image

Pada perdagangan awal pekan ini, harga minyak mentah mulai stabil, setelah kemarin Menteri Energi Aljazair mengatakan, bahwa kemungkinan besar akan mendukung upaya pembekuan produksi minyak di pertemuan OPEC pada pekan ini. Sempat mengalami kejatuhan sebesar 4% pada akhir pekan kemarin, harga minyak hari ini mulai membaik.

Berdasarkan dari Reuters, Senin (26/9/2016), untuk minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) tercatat mengalami kenaikan sebesar 42 sen menjadi US$44,90/barel. Sedangkan harga minyak mentah Brent naik 42 sen ke posisi US$46,31/barel.

Harga minyak Brent sempat tertahan dengan kenaikan US$1,76 atau 3,7% sebelum sesi penutupan, sedangkan pekan sebelumnya patokan minyak global meningkat 0,3%. Selain itu, negara anggota OPEC akan mengedakan pertemuan di sela-sela Forum Energi Internasional di Aljazir pada 26 hingga 28 September yang mencakup mengenai pencapaian kesepakatan pembatasan output.

Hingga saat ini pembahasan mengenai pembatasan produksi minyak untuk mengendalikan pasokan global masih memberikan ketidakpastian apakah akan menemui kata sepakat. Sementara halangan datang dari Arab Saudi yang enggan untuk memotong produksinya, meski sempat ada penawaran mengurangi produksi jika Iran juga melakukan hal yang sama.

Aljazair dan Vanezuela diharapkan untuk terus mendorong kesepakatan lantran sangat penting bagi mereka untuk menjaga harga minyak dunia.