TERIMBAS KERJA SAMA ARAB SAUDI-RUSIA, HARGA MINYAK DUNIA KEMBALI NAIK

06 September 2016, 08.55 WIB


image

Pergerakan harga minyak dunia kembali mengalami kenaikan setelah adanya pernyataan dari produsen Rusia dan Arab Saudi yang sepakat untuk melakukan kerja sama dalam menstabilkan pasar minyak, termasuk pembatasan produksi.

Berdasarkan dari Reuters, Selasa (6/9/2016), untuk pengiriman November harga minyak mentah Brent meningkat sebesar 44 sen menjadi US$47,27/barel. Sedangkan harga minyak AS untuk pengiriman Oktober juga tercatat mengalami kenaikan hingga 60 sen menjadi US$45,04/barel, setelah sempat mencapai posisi tertinggi di US$46,53/barel.

Selain itu, Arab Saudi dan Rusia juga telah menandatangani kesepakatan untuk mendirikan sebuah gugus tugas untuk meninjau fundamental pasar minyak dan merekomendasikan langkah-langkah serta tindakan yang dapat mengamankan stabilitas pasar.

Meski demikian, Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih mengatakan, bahwa dirinya optimistis tentang kerja sama dengan produsen lain menjelang pertemuan pada bulan ini di Algiers, bahwa melakukan pembekuan produksi bukan satu-satunya solusi.

Sementara, Mohammed bin Salman, Wakil putra mahkota Saudi mengakatan, kerja sama yang dilakukan oleh kedua negara tersebut akan memberikan manfaat bagi pasar minyak global.

Dan jika harga minyak masih terlalu rendah menjelang pertemuan di Algiers, maka kemungkinan ada risiko bahwa beberapa titik Rusia dan Arab Saudi perlu adanya tindakan.