!DOCTYPE html> SAVE Money Changer
PERNYATAAN GUBERNUR THE FED MEMBUAT DOLAR AS SEMAKIN MENGUAT

30 Mei 2016, 08.23 WIB


image

Pagi hari ini, pergerakan kurs dolar AS semakin menguat. Pada perdagangan hari ini, mata uang Paman Sam ini mencapai puncak tertingginya dalam satu bulan terhadap yen.

Penguatan dolar AS ini terjadi setelah adanya pernyataan dari Gubernur The Fed, Janet Yellen, yang menyatakan kemungkinan kenaikan suku bunga acuan akan terjadi dalam waktu dekat ini.

Bank sentral AS atau The Fed sebelumnya memang diperkirakan akan menaikan suku bunga acuannya pada Juni ini. Yellen semakin memperkuat prediksi ini, dengan menyatakan, jika kondisi ekonomi dan tenaga kerja terus mambaik, ada kemungkinan kenaikan suku bunga acuan dalam beberapa bulan kedepan akan terjadi.

Bank sentral AS yang berencana akan menaikan suku bunganya membuat dolar AS semakin perkasa, lantaran imbal hasil di negara tersebut akan meningkat, dan adanya optimisme bahwa ekonomi AS akan semakin membaik.

Berdasarkan dari Reuters, Senin (30/5/2016), pergerakan dolar AS mengalami penguatan 0,3% menjadi 110,660 yen, setelah sebelumnya sempat berada di posisi 110,805 yen, tertinggin sejak 28 April 2016.

Sementara, terhadap euro, dolar AS juga menguat sejak Jumat pakan lalu. Dan dolar AS juga tercatat menguat terhadap dolar Australia sejak Jumat pekan lalu.